SISTEM INFORMASI PELAPORAN LABA RUGI PENDAPATAN JASA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL UNTUK MEMPERCEPAT PROSES PERHITUNGAN

Edy Tohidi

Abstract

Perusahaan yang bergerak di bidang otomotif kendaraan bermotor (R2). Dalam hal ini penulis mengambil pembahasan penelitian khusus dalam pembuatan Laporan Laba Rugi Jasa Service. Dimana dalam perusahaan tersebut penerapan pembuatan laporan laba ruginya masih sangat minim yaitu pendataan pendaftaran konsumen dengan menggunakan Microsoft Office pada umumnya dan bahkan masih menggunakan sistem manual tulis tangan. Adapun solusi atau tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan Laporan Laba Rugi Jasa Service pada CV. Indo Sarana Motor Suzuki Cirebon yang efektif, efisien dan akurat serta menghindari terjadinya “Human Error” atau kesalahan pada SDM itu sendiri, untuk mempercepat proses pembuatan Laporan Laba Rugi Jasa Service pada CV. Indo Sarana Motor Suzuki Cirebon yang dibantu dengan media komputerisasi. Berdasarkan dari uraian di atas jelaslah bahwa pembuatan laporan laba rugi jasa service sangat penting bagi perusahaan untuk mempermudah pendataan dan keakuratan data serta mempercepat perhitungan secara otomatis oleh komputer. Untuk itu dibutuhkan suatu aplikasi khusus untuk pendataan konsumen dan pembuatan laporan laba rugi yang diperoleh perusahaan tersebut. pengembangan sistem yang digunakan penulis adalah waterfall. Dimana setiap tahap harus diteruskan ke tahap berikutnya untuk menghindari terjadinya pengulangan tahapan.

Full Text:

PDF