SISTEM INFORMASI RESERVASI DATA TAMU UNTUK MEMPERMUDAH PROSES ADMINISTRASI HOTEL SUNYARAGI CIREBON

edi wahyudin

Abstract

Pengolahan data tamu di Hotel Sunyaragi tidak sesuai dengan perkembangan teknologi dewasa ini. Dalam melakukan pengolahan data tamu, karyawan bagian front office masih menggunakan buku catatan untuk melakukan pencatatan data reservasi tamu dan untuk melakukan transaksi check in maupun check out bagi tamu hotel. Permasalahan yaitu belum mengetahui prosedur reservasi, check in mapun check out yang berlaku di Hotel Sunyaragi Cirebon. Belum mengetahui bagaimana perhitungan maupun pembayaran pemakaian fasilitas hotel yang dinikmati tamu selama menginap di hotel. Belum mengetahui bagaimana proses pembuatan laporan yang dibutuhkan oleh hotel. Solusinya adalah membuat aplikasi pengolahan data tamu hotel yang akan mempermudah front office dalam melakukan pendataan reservasi, penginputan check in dan check out tamu hotel serta pendataan pemakaian fasilitas hotel oleh para tamu. Merancang suatu data base yang akan menampung semua data yang berhubungan dengan reservasi, check in dan check out tamu hotel serta beberapa fasilitas yang disediakan oleh hotel. Aplikasi pengolahan data tamu hotel dapat mempermudah dan mempercepat tugas front office dalam pendataan reservasi, check in dan check out tamu hotel serta dalam pembuatan laporan yang dibutuhkan oleh pemilik maupun karyawan hotel. Dapat digunakan sebagai dasar untuk penelitian lebih lanjut mengenai pengolahan data tamu hotel. Manfaat memberi konstribusi terhadap perkembangan dan pengetahuan dalam bidang komputerisasi akuntansi Dapat menerapkan ilmu yang bersifat teoritis ke dalam kehidupan nyata secara operasional.

Full Text:

PDF