Pemetaan Hasil Komoditas Pertanian Menggunakan Teknologi Informasi Berbasis Web

Nanang Mahendro, Sandy Eka Permana

Abstract

Kurangnya informasi yang diterima oleh masyarakat dalam mengetahui potensi hasil komoditas unggulan pertanian setiap wilayah. Kurang nya analisa potensi lahan dalam mengetahui prediksi hasil panen serta pemanfaatannya. Kurang akrat nya pemetaan zona wilayah pertanian berdasarkan hasil komoditas pertanian .Penelitian ini penulis menggunakan teknologi informasi berbasis web untuk mengoptimalkan informasi hasil komoditas unggulan pertanian. Serta mengggunakan google Maps Api dalam menampilkan pemetaan wilayah nya dan dalam aplikasi nya menggunakan bahasa pemrograman php mysql . Tools yang digunakan dalam pembuatan program ini adalah macromedia dreamweaver serta Pengumpulan data-data dan informasi yang dibutuhkan sebagai bahan analisa dalam merancang suatu program layanan informasi. Hasil dari penelitian ini adalah untuk memudahkan Dinas pertanian kabupaten Cirebon memperoleh informasi data zona komoditas unggulan pada setiap wilayah kecamatan. Sehingga dinas pertanian dapat meningkatkan layanan informasi dalam menginformasikan komoditas unggulan yang ada di kabupaten cirebon. Serta dapat dijadikan bahan pengambil kebijakan terkait peningkatan hasil pertanian setiap kecamatan di masa mendatang

Keywords

Pemetaan; Google maps API; PHP Mysql; Layanan Informasi

Full Text:

PDF

References

Juhadi, S., & Liesnoor, D. (2001). Desain dan Komposisi Peta Tematik. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kurniawan, B. (2011). Pemetaan Jalur Hijau Di Kecamatan Pedurungan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Mahdila, R., & Saputra, E. (2015). Sistem Informasi Pemetaan Kualitas Pendidikan Di Kota Pekanbaru Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 1-5.

Prayitno, H. T. (2015). Pemetaan Potensi Biogas dan Pupuk dari Kotoran Sapi untuk Mendukung Wisata Pamelo di Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 11(2), 103-112.

Romadhon, A. (2010). Pemetaan Potensi Komoditas Dan Rancangan Pengembangan Di Kecamatan Blega, Bangkalan Madura. Agrovigor: Jurnal Agroekoteknologi, 3(2), 146-156.

Setiawan, K., Hartono, S., & Suryantini, A. (2014). Analisis Daya Saing Komoditas Kelapa di Kabupaten Kupang. Agritech, 34(1), 88-93.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.