Media Pembelajaran Pengenalan Sandi Semaphore Menggunakan Augmented Reality

  • Castaka Agus Sugianto Politeknik TEDC Bandung
  • Aldy Noer Tjahyo Politeknik TEDC Bandung
Keywords: Augmented Reality, Sandi Semaphore, Multimedia Development Life Cycle, Media Pembelajaran

Abstract

Penyampaian materi Semaphore di SMP Mutiara 5 Lembang tersedia di dalam buku saku pramuka dan hanya berupa gambar 2 dimensi dan bisa juga penyampaian materi dilakukan oleh pembina pramuka. Dalam hal ini penyampaian materi Semaphore tersebut masih memiliki kekurangan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran secara visual untuk menyampaikan informasi mengenai sandi semaphore menggunakan augmented reality. Agar dapat memberikan pengetahuan yang lebih rinci tentang sandi semaphore secara aktif, kreatif dan edukatif. Diharapkan dengan adanya fungsi mengubah teks menjadi sandi semaphore, siswa dapat melihat visualisasi dari gerakan sandi semaphore secara real time. Sehingga aplikasi ini dapat menjadi sarana baru dalam meningkatkan metode pembelajaran sandi semaphore dari sebelumnya yang berupa buku. Dengan menggunakan metode Multimedia Develpoment Life Cycle, dalam tahap testing dengan menyebarkan UAT kepada 25 siswa pramuka dan satu pembina menunjukan hasil sebesar 86.5% menyatakan sangat baik.

Published
2019-07-31