Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Sarana Praktik Secara Daring Pada Masa New Normal Di Perguruan Tinggi Vokasi

Abdul Khalim, Riyanto Wibowo

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan beberapa sektor berjalan tidak normal seperti sebelumnya. Pendidikan salah satu yang memadai, sektor pertemuan muka diganti dengan Study From Home atau belajar dari rumah. Perguruan tinggi Vokasi yang notabenenya sebagain besar proses belajarnya praktik paling memperhatikan, baik bagi pengajar maupun mahasiswa tidak dapat melakukan praktikum secara normal. Keterbatasan waktu Praktik, ketentuan protokol kesehatan dan kurangnya interaksi antara mahasiswa dan pengajar berpengaruh pada pencapaian pembelajaran siswa serta kualitas lulusannya nanti.

Laboratorium virtual sebagai suatu produk inovasi media pembelajaran berbasis komputer dan teknologi dapat diterapkan di sekolah vokasi, atau bahkan sekolah akademik lainnya.

Penelitian ini menggunakan metode research and development, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Luaran penelitian ini diahrapkan Virtual Laboratory sebagai salah satu alternatif media pembelajaran multimedia yang menarik, interaktif, tidak menggunakan aspek geografis dan terpenting adalah yang dapat mengakomodir kebutuhan praktik bagi mahasiswa di perguruan tinggi vokasi.

Keywords

Virtual Lab, Vokasi, Daring

Full Text:

PDF

References

Lazarowitz & Tamir, esearch on Using Laboratory Instruction in Science. Handbook of Research on Science Teaching and Learning, New York: Macmillan Publishing Company, 1994.

Mokhamad Iklil Mustofa, Muhammad Chodzirin, dkk, "Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi," Walisongo Journal of Information Technology 1(2):151, p. 151, 2019.

Latuheru, Media Pembelajaran, Jakarta: Grafindo Persada, 1988.

A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

R. Puspita, "Sistem Informasi Aplikasi Virtual Lab Pada Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma," Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT), 2008.

H. Jaya, "Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter Di Smk," Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 1, Februari 2012, p. 84, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

R. Asyhar, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta: Referensi Jakarta, 2012.

Refbacks