Penerapan Metode Topsis Dalam Pengambilan Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi di PT Midi Utama Indonesia

satria .

Abstract

PT. Midi Utama Indonesia Tbk. merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan umum termasuk perdagangan toserba/swalayan dan minimarket. Perusahaan ini memiliki cukup banyak karyawan. Sehingga melaksanakan operasional perusahaan PT. Midi Utama harus ada pemilihan karyawan berprestasi di tiap bagian bidang kerjanya. Karyawan yang terpilih akan diberikan penghargaan berupa peningkatan karier. Dengan adanya penghargaan tersebut, karyawan dapat lebih semangat dalam bekerja. Masalah yang dihadapi oleh perusahaan tersebut adalah belum adanya criteria khusus dalam keputusan menentukan karyawan berprestasi dari sejumlah alternatif karyawan yang sudah ditentukan sehingga karyawan yang terpilih adalah orang yang harus mendapatkan reward. Adapun Kriteria-kriteria yang digunakan adalah kehadiran, disiplin, tanggung jawab, dan keahlian. Metode yang digunakan untuk pengambilan keputusan yaitu dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal (TOPSIS) membantu penentuan karyawan berprestasi. Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) merupakan suatu bentuk metode pendukung keputusan yang didasarkan pada konsep bahwa alternatif yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Sehingga hasil penjumlahan yang tertinggi itulah yang mendapatkan penghargaan sebagai karyawan berprestasi.

Keywords

SPK, TOPSIS, Karyawan, Berprestasi

Full Text:

PDF

References

Satria, S., Mukiman, K., & Subekti, Z. M. (2021). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Pemilihan Peminatan Jurusan Siswa di SMK Mandalahayu. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 20(2), 239-245.

Jurnal, R.T., 2017. Penerapan Metode Graphic Rating Scale (Grs) dalam Penilaian Kinerja Karyawan. Kilat, 6(2), pp.139-144.

Kusumadewi, Sri, & Dkk. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy Madm). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muljadi, A., Khumaidi, A. and Chusna, N.L., 2020. Implementasi Metode TOPSIS Untuk Menentukan Karyawan Terbaik Berbasis Web Pada PT. Mun Hean Indonesia. J. Ilm. Merpati, 8(2), pp.101-112.

Nugraha, N.D. and Wibowo, A., 2020, July. Implementasi Metode Topsis Untuk Pemilihan Karyawan Terbaik. In Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) (Vol. 2, pp. 138-146).

Sucipto Hadi. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas Dengan Metode Saw. Vol. 6, No. 2, Juli 2016

Amida, S.N. and Kristiana, T., 2019. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Dengan Menggunakan Metode Topsis. JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), 2(3), pp.193-201.

Mutmainah, I. and Yunita, Y., 2021. Penerapan Metode Topsis Dalam Pemilihan Jasa Ekspedisi. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer), 10(1), pp.86-92.

Setiadji, B. and Sofiana, S., 2016. Sistem Rekomendasi Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode Topsis Pada Bussan Auto Finance. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 1(1), pp.12-16.

S. O. K. Reflin Yadi, Muhammad Sobri, “Implementasi metode topsis untuk menentukan karyawan terbaik di pt.kfc cabang demang,” Implementasi Metod. Topsis Untuk Menentukan Karyawan Terbaik Di Pt.Kfc Cab. Demang, pp. 1–9, 2015.

Feng-Yi Wu & Chung-Chu Chuang. The Optimal Relationship between Buyer and Seller Obtained Using TOPSIS Method. ICIIM.2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.