EKUPEL: E-Kuesioner Kepuasan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) Rayon Tegal Timur

Ida Afriliana, Hilda Munadia, Indra Dwi Hasta

Abstract

Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang dalam menerima suatu pelayanan, yang diharapkan sesuai dengan harapannya. Untuk mengetahui kepuasan pelanggan dapat dilakukan melalui kuisioner. Kuesioner adalah salah satu inovasi dalam mengumpulkan informasi yang berfungsi untuk mengetahui tanggapan responden terhadap pertanyaan yang diajukan. PLN merupakan perusahaan Listirk Negara dimana melayani  seluruh lapisan masyarakat.  Untuk itu PLN perlu melakukan pengukuran kepuasan pelanggan melalui kuisioner. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi, diharapkan pembuatan website E-Kuesioner Kepuasan Pelanggan (EKUPEL) pada PT. PLN (Persero) Rayon Tegal Timur dapat mengurangi penggunaan kertas sebagai media kuesioner. Sistem dirancang dan dibangun dengan menggunakan teknologi PHP, XAMPP sebagai sistem informasi berbasis web, dan MySQL sebagai database. Dari hasil analisa yang dilakukan dapat diketahui bahwa sistem ini dapat memberikan kemudahan dalam mengumpulkan data informasi kepuasan pelanggan besar sesuai dengan data pelanggan yang dimiliki oleh PLN Tegal Timur.

Keywords

e-kuesioner; kepuasan pelanggan; perusahaan listrik negara

Full Text:

PDF

References

Ariani, F. (2011). E-Questioner Menggunakan Konsep Green Computing Untuk Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dosen Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung. EXPERT, 2(2).

Ariani, F., & Aprilinda, Y. (2016). E-Questioner Berbasis Rangking Method untuk Mempermudah Evaluasi Indeks Kinerja Dosen. EXPERT, 6(1).

Cranefield, S., & Purvis, M. K. (1999). UML as an ontology modelling language (pp. 46-53). New Zealand: Department of Information Science, University of Otago.

Efron, B., & Tibshirani, R. J. (1994). An introduction to the bootstrap. CRC press.

Mahmoud, M. A., & Ahmad, M. S. (2015, August). A self-adaptive customer-oriented framework for intelligent strategic marketing: A multi-agent system approach to website development for learning institutions. In 2015 International Symposium on Agents, Multi-Agent Systems and Robotics (ISAMSR) (pp. 1-5). IEEE.

Petersen, K., Wohlin, C., & Baca, D. (2009, June). The waterfall model in large-scale development. In International Conference on Product-Focused Software Process Improvement (pp. 386-400). Springer, Berlin, Heidelberg.

Pujihastuti, I. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43-56.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.