Implementasi Teknik Pretty Good Privacy (PGP) Pada Mail Server Zimbra Dengan Metode Enkripsi Untuk Keamanan Data Email Pada Data Center IAIN Syekh Nurjati Kota Cirebon

Andi Setiawan

Abstract

E-mail secara inheren merupakan metode tanpa jaminan untuk berkomunikasi, pertukaran informasi, penggunaan e-mail sebagai media pengiriman dan penyimpanan pesan melalui media elektronik sudah banyak dilakukan. Terkadang pengiriman dan penyimpanan pesan melalui media elektronik perlu dirahasiakan untuk menjamin keamanan dan keutuhan data Oleh sebab itu maka dibutuhkan sebuah metode penyandian pesan. Pada makalah ini disusulkan program kriptografi Pretty good privacy (PGP) untuk menjadi standar dalam melindungi surat elektronik e-mail yang diterapkan pada Mail server zimbra sehingga aman dalam pengiriman dan penerimaan e-mail melalui internet.

Keywords

e-mail; pretty good privacy (PGP); zimbra; kriptografi; algoritma kunci publik

Full Text:

PDF

References

Ariyus, D. (2008). Pengantar ilmu kriptografi: teori analisis & implementasi. Penerbit Andi.

Garfinkel, S. (1995). PGP: pretty good privacy. " O'Reilly Media, Inc.".

Hostiadi, D. P. (2017, August). Implementasi Pengamanan E-mail Menggunakan Pretty Good Privacy Pada Zimbra Mail Server. In SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Vol. 5, No. 1).

Hostiadi, D. P., & Suradarma, I. B. (2017). Implementasi Pengamanan PGP Pada Platform Zimbra Mail Server. Lontar Komputer: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 41-52.

Kristanto, A. (2003). Keamanan Data Pada Jaringan Komputer. Gava Media, Yogyakarta.

Sadikin, R. (2012). Kriptografi Untuk Keamanan Jaringan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Supriyadi, A., & Gartina, D. (2007). Memilih Topologi Jaringan Dan Hardware Dalam Desain Sebuah Jaringan Komputer. Informatika Pertanian, 16(2), 1037-1053.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.