Pemilihan Berita Headline Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) Berbasis Sistem Pendukung Keputusan

Fathoni Mahardika, Chozin Choirurroziqien

Abstract

Sebuah media cetak setiap harinya selalu dituntut untuk menyajikan informasi yang berkualitas kepada masyarakat secara cepat dan akurat. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang mampu melakukan efisiensi waktu dalam proses pemilihan berita tanpa menyampingkan akurasi sebuah berita headline yang akan disajikan. Untuk mewujudkan efesiensi waktu dan akurasi dalam menyediakan sebuah berita headline, maka proses pemilihan berita headline harus menetapkan kriteria-kriteria sebuah berita headline yang sesuai dan sudah disepakati oleh semua staf redaksi. Dalam penelitian ini dirancang sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu staf redaksi dalam menyeleksi kandidat berita headline yang berbasis komputerisasi sehingga dapat menyeleksi setiap berita yang dikumpulkan oleh wartawan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dijadikan sebagai alternatif aplikasi sistem yang membantu dalam mengambil keputusan untuk proses pemilihan berita headline. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Multifactor evaluation Process (MFEP). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sistem pendukung keputusan terhadap pemilihan berita headline pada penerbit dapat diterima oleh user sehingga menjadi pendukung keputusan dalam penentuan headline berita.

Keywords

berita headline; sistem pendukung keputusan; multifactor evaluation process

Full Text:

PDF

References

Cheng, C. H. (1999). Evaluating weapon systems using ranking fuzzy numbers. Fuzzy sets and systems, 107(1), 25-35. Jogiyanto, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta, Penerbit, ANDI.

Dahria, M., & Ishak, F. Y. (2014). Pendukung Keputusan Seleksi Calon Polri Baru di Polda Kota Medan Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP). Jurnal SAINTIKOM, 13(2), 83-94.

Jamshidian, F. (1993). Option and Futures Evaluation With Deterministic Volatilities 1. Mathematical Finance, 3(2), 149-159.

Jamshidian, F. (1993). Option and Futures Evaluation With Deterministic Volatilities 1. Mathematical Finance, 3(2), 149-159.

Nofriansyah, D. (2015). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish.

Pratiwi, H. (2014). Sistem Pendukung keputusan Penentuan Karyawan Berprestasi Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process. JURNAL SISTEM KOMPUTER, 5.

Pressman, R. S. (2005). Software engineering: a practitioner's approach. Palgrave Macmillan.

Setiansah, M., & Santoso, E. (2010). Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.