Aplikasi Jasa Service AC (Air Conditioner) Pada CV Teknik Makmur

Adhitya Ilham Ramdhani, Zaenal Mutaqin Subekti, Ishak Husein, Esmi Imrohatun

Abstract

CV Teknik Makmur merupakan bagian bisnis jasa service AC (Air Conditioner), proses bisnis yang digunakan masih manual yaitu menggunakan form kertas, kuitansi pembayaran dan buku catatan, hal ini menyebabkan banyak sekali permasalahan, dengan banyaknya permintaan orderan jasa perbaikan menjadi kurang tertib pada administrasi, dan terlambatnya dalam menyediakan suku cadang, serta laporan menjadi permasalahan yang paling krusial bagi CV Teknik Makmur, Aplikasi jasa service AC berbasis desktop merupakan upaya solusi untuk mengatasi permasalah pada CV Tekink Makmur. penulis menggunakan beberapa tahapan metode diawali dengan Analisis Requirement untuk mengetahui poin penting dalam melakukan komputerisasi, langkah kedua Design untuk mendesain aplikasi sesuai dengan proses bisnis dan perancangan menggunakan UML, Langkah ketiga Implementation dengan menerapkan ke database dan interface aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net, dan Langkah terakhir testing melakukan pengujian terhadap aplikasi dengan menggunakan pendekatan black box, dari hasil testing pada aplikasi didapatkan, semua hasil pengujian dapat berjalan dengan baik sesuai dengan realisasi yang diharapkan.

Keywords

Manual; Komputerisasi; Aplikasi Jasa Service

Full Text:

PDF

References

Ariani, “Pengaruh Integritas, Obyektivitas, Kerahasiaan, dan Kompetensi Pada Kinerja Auditor Inspekttorat Kota Denpasar,” E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana., 2015.

Ariani, Korelasi Pola Hubungan Orang Tua Anak dan Keberfungsian Keluarga dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah. 2009.

Ariani; D. Wahyu, Manajemen Operasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Riswanto Budiono Jimanto; Yohanes Sondang Kunto;, “Pengaruh Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Ritel Bioskop The Premiere Surabaya,” Manaj. Pemasar. Petra, vol. 2, pp. 1–7, 2014.

M. P. . Nyoman Suparmanti Asih ., Drs. I Made Nuridja, M.Pd. ., Drs. Anjuman Zukhri, “Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellent) Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Agata Singaraja,” Pendidik. Ekon. UNDIKSHA, vol. 7, 2016.

N. R. H. Alfi Syahri Lubis, “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam,” J. Bussiness Adm., vol. 1, pp. 232–243, 2017.

Z. M. Subekti, “Implementasi Keamanan Akses Sharing Folder pada Windows 10,” vol. 11, no. 1, 2021.

Y. D. Saptohadi, T. H. Pudjiantoro, and A. I. Hadiana, “Sistem Informasi Monitoring Produksi Obat Pada Lembaga Farmasi,” vol. 20, no. 2, pp. 6–11, 2020.

J. Computech, “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PAYROLL PADA SEKOLAH,” vol. 15, no. 1, pp. 31–37, 2021.

H. Al Fatta, Analisa dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

L. T. E. Syafrizal, “RANCANGAN SISTEM REKRUTMEN KARYAWAN BERBASIS WEB PADA PT. FAST FOOD INDONESIA REGION PEKANBARU,” RABIT J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 1, pp. 32–37, 2016.

S. K. Budi Sutedjo S.Kom dan Michael AN., Dunia Komputer. Yogyakarta: Andi Offset, 2002.

A. Razak, Belajar Praktis Program Microsoft Visual Basic.Net. 2004.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.