Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita Menggunakan Metode Weighted Product

Primandani Arsi, Yuni Novita

Abstract

Sekolah Luar Biasa – C merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diperuntukkan bagi anak-anak berkebutuhan khusus tuna grahita. Anak-anak tunagrahita pada umumnya mereka hidup bergantung dengan orang lain karena ketidakmampuannya mengurus diri sendiri. Untuk mempermudah dalam menentukan perkembangan anak tunagrahita, maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang mempunyai kemampuan mengevaluasi dengan mengacu kepada solusi yang diberikan oleh metode Weighted Product (WP). Sistem pendukung keputusan dalam menentukan perkembangan anak, dengan metode Weighted Product (WP) ini dibuat berdasarkan data dan kriteria yang diperoleh dari pihak sekolah. Hasil penelitian memperlihatkan bahawa sistem pendukung keputusan yang diusulkan dapat diimplementasikan dan digunakan sesuai dengan tujuan sebelumnya.

Keywords

sistem pendukung keputusan; weighted product; tunagrahita

Full Text:

PDF

References

Agustin, Y. H., & Kurniawan, H. (2017, November). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus: Stmik Pontianak). In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 177-182).

Fathansyah. (2012). Basis Data. Bandung : Informatika.

Magnawiyah, M. S. (2014). Strategi Koping Orang Tua Pada Anak Yang Menderita Sindrom Down Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Jakarta Lebak Bulus Jakarta: Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Permatasari, Y. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Pegawai pada Hotel Alamanda Klaten dengan Menggunakan Metode Weighted Product. Naskah Publikasi Skripsi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIKOM Yogyakarta), Yogyakarta.

Ramawati, D., Allenidekania, A., & Besral, B. (2012). Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita Berdasarkan Faktor Eksternal dan Internal Anak. Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(2), 89-96.

Ruparelia, N. B. (2010). Software development lifecycle models. ACM SIGSOFT Software Engineering Notes, 35(3), 8-13.

Turban, E., Sharda, R., & Delen, D. (2010). Decision Support and Business Intelligence Systems (required). Google Scholar.

Wirawan, Y. R. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Dan Perilaku Konsumsi Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(2), 147-167.

Yosiani, N. (2014). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita dengan Pola Tata Ruang Belajar di Sekolah Luar Biasa. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 111-124.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.