Sistem Informasi Layanan Bimbingan Akademik Mahasiswa Berbasis Android

Missi Hikmatyar, Aso Sudiarjo

Abstract

layanan bimbingan akademik yang diberikan dosen kepada mahasiswa mempunyai peran yang sangat penting dalam kelancaran pembelajaran. Universitas Perjuangan Tasikmalaya mempunyai kendala pada laporan bimbingan akademik yang masih mengandalkan buku dalam melakukan bimbingan. Penggunaan buku membuat bimbingan tidak interkatif dan kemungkinan data yang direkap bisa hilang sehingga menyebabkan tidak terukurnya data sebagai alat pengambil keputusan. Solusi pada permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan sistem informasi yang fleksibel dan bisa digunakan pada mobile device/smartphone. Sistem informasi yang akan dikembangkan berbasis android dengan menggunakan tool Android Studio dalam pembuatannya. Proses pengembangannya meliputi beberapa tahap yaitu pertama, planning adalah melakukan analisa terhadap sistem yang sudah berjalan. Kedua, design yaitu melakukan perancangan awal atau mendesain sistem yang akan dibuat. Ketiga, implementasi yaitu melakukan penerapan dengan melakukan coding terhadap desain yang telah dirancang. Keempat, testing yaitu melakukan pengujian dengan sudut pandang pengembang sistem dan user (dosen dan mahasiswa) untuk diuji kehandalannya.

Keywords

Akdemik; Bimbingan; Android; Extreme_Programming

Full Text:

PDF

References

E. Wahyuni, J. Nurihsan, and S. Yusuf, “Kesejahteraan Mahasiswa: Implikasi Terhadap Program Konseling Di Perguruan Tinggi,†Insight J. Bimbing. Konseling, vol. 7, no. 1, pp. 96–106, 2018.

H. E. Putro and S. Sugiyadi, “Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Regulated Learning,†JBKI (Jurnal Bimbing. Konseling Indones., vol. 3, no. 1, p. 1, 2018.

H. Y. Swara, . S., and P. D. Yulianti, “Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik,†Indones. J. Educ. Res. Rev., vol. 3, no. 1, p. 77, 2020.

N. Norhikmah, “Perancangan Sistem Informasi Monitoring Dosen Wali Menggunakan ASP.NET Signal R,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 3, no. 3, p. 171, 2018.

I. Ifdil and Z. Ardi, “Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-konseling,†J. Konseling dan Pendidik., vol. 1, no. 1, p. 15, 2018.

M. N. Riswandha and N. Maulidyah, “Aplikasi E-Counseling Dalam Pemanfaatan Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengatasi Siswa Terisolir Menggunakan Metode Backward Chaining,†J. Link, vol. 26, no. 1, pp. 18–23, 2017.

D. Primasari and D. L. Putri, “Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Android,†Krea-Tif, vol. 6, no. 1, p. 1, 2019.

G. B. Putra and F. Arkan, “Implementasi Sistem Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Web Server Dan Android,†Semin. Nas. Vokasi dan Teknol., vol. 02, no. 01, pp. 137–145, 2017.

R. Syafitra, “Rancang Bangun Aplikasi Bimbingan Akademik Berbasis Web dan Android pada Program Studi Manajemen S1 STIE MDP,†Tek. Inform., pp. 1–10, 2013.

R. Anjuliani and L. W. Astuti, “Aplikasi Isc ( Informatics Student Center ) Menggunakan Metode Personal Extreme Programming Berbasis Android,†Inform. Glob., vol. 6, no. 1, pp. 20–25, 2015.

M. Z. Hamidi, S. E. Anjarwani, and I. W. A. Arimbawa, “Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram Menggunakan Extreme Programming,†J. Comput. Sci. Informatics Eng., vol. 1, no. 1, p. 11, 2018.

R. A. Azdy and A. Rini, “Penerapan Extreme Programming dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan (PaLaPa) pada Perguruan Tinggi,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 197, 2018.

V. H. Pranatawijaya, “Mahasiswa Menggunakan Web Service Pada Feeder Pddikti Dengan Metode Extreme,†J. Teknol. Inf., vol. 14, no. 2, pp. 179–188, 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.