Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Produksi Rotan Untuk Penentuan Bahan Baku Rotan

Hani Hanipah, Andi Setiawan

Abstract

Sebagai suatu perusahaan yang bersifat job order maka kelangsungan hidup perusahaan sangat tergantung pada pelanggan, salah satunya adalah perusahaan rotan. Perusahaan dalam proses produksi rotan kerap kali terjadi kesalahan dalam proses penganyaman seperti jenis ukuran yang tidak sesuai, barang yang sudah tidak layak dijual karena tidak kuat. Hal tersebut tentu saja akan menyebabkan kerugian bagi produktivitas rotan. Dengan adanya sistem informasi manajemen produksi ini dapat meminimalisir resiko dan mencegah terjadinya kesalahan dalam menentukan bahan baku rotan yang berkualitas karena akan berdampak pada hasil produksi.

Keywords

pelanggan; sistem informasi manajemen; bahan baku rotan

Full Text:

PDF

References

Balaji, S., & Murugaiyan, M. S. (2012). Waterfall vs. V-Model vs. Agile: A comparative study on SDLC. International Journal of Information Technology and Business Management, 2(1), 26-30.

Dewi, N. K., Miharja, M., & Yudoko, G. (2015). Analisis Kebijakan Distribusi Bahan Baku Rotan Dengan Pendekatan Dinamik Sistem Studi Kasus Rotan Indonesia (Rattan Raw Material Distribution Using Dynamic System Approach: The Case of Indonesian). Journal of Regional and City Planning, 26(3), 177-191.

Djunaidi, M., Setiawan, E., & Hariyanto, T. (2006). Analisis kepuasan pelanggan dengan pendekatan fuzzy service quality dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 4(3), 139-146.

Gunawan, A. P., Maukar, A. L., & Rahaju, D. E. S. (2010). Perancangan Sistem Informasi Produksi di CV. Bintang Selatan. Widya Teknik, 9(2), 215-228.

Hartono, B. (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Maharsi, S. (2004). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. Jurnal Akuntansi dan keuangan, 2(2), 127-137.

McLeod, R., & Schell, G. (2004). Sistem informasi manajemen. Indeks.

Nugrahanti, F., Wisnubhadara, I., & Julianto, E. (2014). Analisis Perancangan Sistem Informasi Managemen Rantai Pasok (Supply Chain) Pada Perusahaan Pembuat Peralatan tambang (Studi Kasus PT. Refindo Inti Selaras Indonesia). In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (pp. 15-21).

Nurlaela, S. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Melalui Penguatan Manajemen, Pemasaran, dan Keuanganindustri Kreatif Kerajinan Mebel Ekspor di Kabupaten Klaten.

Yamit, Z. (2003). Manajemen produksi dan operasi. Edisi kedua. Ekonisia. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.