Pemanfaatan Sensor Suhu, Sensor Gas Dan Sensor Gerak Sebagai Pengaman Anti Kebakaran Berbasis Arduino

Ayu Dhiya Shofa, Diana Amalia, Erwin Santoso, Eva Ismiati, Very Kurnia Bakti, Trima Mustofa

Abstract

Pada makalah ini diusulkan sebuah sistem Programmable Logic Control (PLC) dengan pemanfaatan sensor suhu, sensor gerak dan sensor gas sebagai pengaman anti kebakaran berbasis arduino. Sistem yang diusulkan adalah untuk sistem untuk mencegah terjadinya kebakaran dari berbagai penyebab. Pada tahapan penelitian menggunakan metode eksperimen dimana pada tahapan ini dilakukan eksperimen terhadap sistem anti kebakaran dengan menggunakan tiga sensor yaitu sensor suhu, sensor gerak dan sensor gas sebagai input dari sistem dan mengeluarkan kedua output berupa alarm dan SMS. Dengan adanya sistem ini pengamanan terhadap terjadinya kebakaran dapat ditanggulangi sedini mungkin.

Keywords

programmable logic control; arduino; sensor suhu; sms

Full Text:

PDF

References

Aziz, M., (2016) Rancangan Bangun Sistem Monitoring Kadar Gas Karbon Monoksida Dan Senyawa Hidrokarbon Pada Kabin Mobil Menggunakan Sensor Gas Tgs 2201 Berbasis Arduino. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)

Erika, A. (2015). Pendeteksi Kejernihan Air Dan Pengisian Ulang Air Otomatis Berbasis SMS Gateaway (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Hariyawan, M. Y., Gunawan, A., & Putra, E. H. (2014). Implementasi wireless sensor network untuk pendeteksi dini kebakaran hutan. Politeknik Caltex Riau. diambil tanggal, 5.

Lestari, J., & Gata, G. (2011). Webcam monitoring ruangan menggunakan sensor gerak PIR (Passive Infra Red). Budi Luhur Information Technology, 8(2).

Susanti, T., (2014). Perancangan Teknologi Pada Mobile Robot Pendeteksi Kebocoran Gas Dengan Modul Xbee (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Susanto, H., Pramana, R., & Mujahidin, M. (2013). Perancangan Sistem Telemetri Wireless untuk Mengukur Suhu dan Kelembaban Berbasis Arduino Uno R3 ATmega328p dan XBee Pro. Tanjung Pinang, Indoensia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.