Pengaruh media sosial terhadap pola hidup GEN - Z Berbasis Metode Pengukuran Dampak Media Sosial (Social Media Impact Measurement Method)
Abstract
Generasi Z (Gen-Z), merupakan generasi yang dikenal sebagai "Digital Natives” karena mereka tumbuh pada era yang didominasi oleh teknologi informasi dan komunikasi. Mereka memiliki keterampilan yang tinggi dalam menggunakan perangkat digital dan internet, sangat bergantung pada media sosial untuk belajar, berinteraksi, mencari pengetahuan dan hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap pola hidup Gen Z dengan menggunakan metode Pengukuran Dampak Media Sosial (Social Media Impact Measurement Method) dan Skala Likert. Penelitian ini melibatkan 75 responden yang terdiri dari 47 lak-laki dan 28 perempuan. Kuesioner menilai tujuh aspek utama : dampak emosional negatif, kecenderungan menjadi pribadi tertutup, perilaku konsumtif, peningkatan pengembangan diri, peningkatan komunikasi, evaluasi diri, dan perubahan gaya hidup terkait pendidikan, kesehatan, serta belanja. Hasil penelitian menunjukkan media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap berbagai aspek pola hidup Gen Z dimana media sosial dapat mempengaruhi perilaku dan pola hidup, baik itu terhadap emosional yang negatif, tetapi masih banyak dampak bagi emosional yang positif seperti media sosial dapat di jadikan referensi sebagai edukasi pengetahuan di bidang pendidikan, kesehatan, olah raga serta dapat mempermudah dalam berkomunikasi jarak jauh. Temuan ini memberikan wawasan kritis untuk memahami bagaimana media sosial memengaruhi kesejahteraan fisik dan mental Gen Z, serta membantu dalam merumuskan strategi yang efektif untuk mengoptimalkan dampak positif dan mengurangi dampak negatif media sosial.
Copyright (c) 2024 Jurnal ICT: Information Communication & Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.