Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode WP (Weight Product) Pemilihan Minat Jurusan

Fathoni Mahardika, Ummiyati Ummiyati, Martanto Martanto

Abstract

Sistem penjurusan yang digunakan saat ini masih mengalami kendala karena masih menggunakan tes peminatan mata pelajaran tertentu sebagai metode penjurusan dimana penilaian yang dihasilkan membutuhkan proses yang relatif lama dan belum menghasilkan nilai keputusan yang baik dan tepat untuk siswa. Hal ini dikarenakan dengan metode yang digunakan sekarang belum menghasilkan keselarasan anatara hasil dengan kemampuan sesungguhnya yang dimiliki siswa. Penjurusan ini mempunyai beberapa kriteria, sehingga membuat guru Bimbingan konseling (BK) kesulitan dalam membantu siswa menentukan jurusan. Penelitian ini menggunakan metode WP (weight product). Metode WP adalah salah satu analisis pengambil keputusan multi-kriteria dengan menentukan faktor kriteria sebagai manfaat (konflik antar kriteria) dengan mencari hasil perkalian nilai kriteria alternatif terhadap bobot kriteria. Penerapan pemilihan minat jurusan dengan menggunakan sistem pendukung keputusan melalui metode weight product dapat membantu dan mempermudah kurikulum dalam menentukan penjurusan siswa di kelas. Sistem pendukung keputusan ini dapat membantu guru BK untuk membantu siswa dalam menentukan jurusan. Sistem pendukung keputusan ini juga dapat mengurangi terjadinya kesalahan siswa dalam memilih jurusan.

Keywords

sistem pendukung keputusan; minat;jurusan; siswa; weight product

Full Text:

PDF

References

Ajiwerdhi, A. A. G. P., Kesiman, M. W. A., & Wirawan, I. M. A. (2012). Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Mobile Untuk Pengisian Kartu Rencana Studi Dengan Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FMADM) Metode Simple Additive Weighting (SAW) Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(2), 155-168.

Kemendikbud, R. I. (2013). Bahan Pelatihan Kurikulum 2013.

Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan adaptabilitas karir ditinjau dari jenis sekolah (SMA dan SMK). Empathy, 3(1), 31-41.

Maulany, G. J. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Usulan Penelitian Dosen Internal UNMUS Menggunakan Metode Weighted Product (WP). Jurnal Ilmiah Mustek Anim Ha Vol, 4(3).

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran akuntansi keuangan melalui media komik untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 68-76.

Sutama, G. R., Agustini, K., Si, S., Si, M., & Sugihartini, N. (2016). Analisis Minat Siswa SMA dan SMK se-Kabupaten Buleleng yang Menerapkan Kurikulum 2013 Untuk Studi Lanjut di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (ISSN: 2252-9063), 5(2).

Tamam, M. T., Taufiq, A. J., & Amri, F. (2011). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan di SMU Dengan Logika Fuzzy. Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto), 12(2), 65-68.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.