Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Lagu Daerah Berbasis Teknologi Multimedia

Wahyu Ardiansyah, Dita Rizki Amalia

Abstract

Lagu daerah adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan, baik oleh masyarakat daerah tersebut maupun masyarakat daerah lainnya, namun seiring berkembangnya zaman semakin banyak lagu-lagu modern dan lagu-lagu asing masuk ke Indonesia, serta kurangnya media atau alat bantu dan kurangnya kesadaran akan pentingnya mengenal budaya nusantara yang menyebabkan minat masyarakat khususnya anak-anak dalam mempelajari lagu daerah menjadi menurun.Untuk mengatasi masalah diatas, maka dibutuhkan suatu cara yang mampu memotivasi minat siswa agar lebih tertarik untuk mengenal lagu-lagu daerah, salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan teknologi multimedia untuk merancang sebuah game mobile. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran lagu daerah berbasis teknologi multimedia berpengaruh terhadap tingkat pelestarian budaya nusantara dan mendapatkan tanggapan yang positif, dengan model yang diterapkan dan menghasilkan informasi yang baik dengan tampilan yang menarik. Maka dengan itu dapat disimpulkan bahwa setelah adanya media pembelajaran lagu daerah berbasis multimedia menghasilkan peningkatan positif terhadap pelestarian budaya sebesar 3,331%.

Keywords

Media pembelajaran; Lagu daerah; Aplikasi; Multimedia

Full Text:

PDF

References

Arda, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk siswa SMP Kelas VIII. Mitra Sains, 3(1).

Budiman, A., Triono, T., & Ariani, D. (2014). Aplikasi Interaktif Pengenalan Pahlawan Revolusi Indonesia Berbasis Multimedia (Studi Kasus di MI AL-GINA). Jurnal Sisfotek Global, 4(2).

Emda, A. (2011). Pemanfaatan media dalam pembelajaran biologi di sekolah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 149-162.

Imam, D. S., & Sismoro, H. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Sebagai Media Pelestarian Lagu Tradisional Dan Nasional Indonesia Berbasis Android. Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 16(1), 40.

Nugraha, T. S., & Tresnawati, D. (2015). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Kesenian Daerah Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 12(1), 1–10.

Purnomo, A., Hartono, R., Hartatik, H., Riasti, B. K., & Hidayah, I. N. (2016). Pengembangan Aplikasi Info Lagu Nusantara Berbasis Android Untuk Melestarikan Warisan Budaya Indonesia. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(2), 527-536.

Satria, E., Tresnawati, D., & Roji, F. F. (2015). Pengembangan Aplikasi Pembagian Waris Islam Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 12(1).

Seroja, M., & Gultom, I. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMP Negeri Kecamatan Singkil. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1).

Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraanmelalui Addiemodel Untuk Meningkatkan Karaktermahasiswa Di Universitas Slamet Riyadi Surakarta, 11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.