Pengembangan Sistem Informasi Repository Skripsi Berbasis Web Menggunakan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus : Universitas Perjuangan Tasikmalaya)

gea aristi, ruuhwan ruuhwan

Abstract

 Sistem informasi repository Universitas Perjuangan pada saat ini masih menggunakan sistem manual, yakni pada proses pendistribusian nya yang masih harus datang ke perpustakaan dalam mengakses skripsi hasil penelitian alumni. Oleh sebab itu dibutuhkan manajemen repositori yang baik. Tujuan perancangan sistem informasi repository ini untuk mempermudah mahasiswa untuk mengakses secara online skripsi dari hasil penelitian alumni kampus Universitas Perjuangan. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Pada tahap analisa dan perancangannya menggunakan pemodelan Unified Modeling Language (UML). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan dosen dan bagian akademik serta melakukan observasi di Universitas Perjuangan, dari hasil pengumpulan data tersebut didapatkan informasi prosedur yang sedang berjalan dan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dan bagian akademik Universitas Perjuangan, kemudian data tersebut dianalisa dan digunakan sebagai informasi untuk merancang sistem yang baru. Proses perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL dengan hasil penelitian ini adalah berupa rancangan sistem informasi repository skripsi berbasis web yang dapat memudahkan mahasiswa di dalam mengakses skripsi alumni Universitas Perjuangan.

Keywords

repository, skripsi, sistem informasi

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Fajar Prianto, Ida, Kesiapan Pustakawan Membangun Repository Akses terbuka (Open Access), Artikel Seminar UAJY, 2015.

Fernandi Santo, Pengaruh Teknologi Informasi dan Perubahan Organisasi Dalam Bisnis, Makalah disampaikan pada seminar nasional aplikasi teknologi informasi, Yogyakarta, 17 – 18 Juni, 2011.

Fuandara, R Lalan, Pengelolaan Repository Institusi Di Perpustakaan ISI Surakarta (Layanan Akses Terbuka). Jurnal. . 2016.

Nugraha, Setyo, Ruang Lingkup Sistem informasi Dalam Kehidupan. Journal CCIT, 2012

Pendit, Putu Laxman, Perpustakaan Digital : persfektif Perguruan tinggi Indonesia. Jakarta:Sagung Seto, 2017.

Shalahuddin, dan Rosa A.S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2013.

Sutabri, Tata, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2012.

Tantra, Rudy, Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2012

Wiyarsih, Pemanfaatan Koleksi Repository Perpustakaan Fakultas MIPA UGM Menggunakan EPrints. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi - Volume XI Nomor 2 , Vol. 11 No. 2, 50-61, 2015.

Yasin, Sanjaya, Pengertian Informasi Menurut Para Ahli. Diambil dari: http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-informasi-menurut-para ahli.html, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.