Sistem Informasi Manajemen Service Rutin Pada Operasional Bus Rapid Trans Kota Semarang Berbasis Web Berbantuan Notifikasi Telegram

  • Catur Ramadhan Setiawan Universitas STIKUBANK Semarang
  • Hari Murti
Keywords: Bus Rapid Trans Semarang, Telegram, Metode Waterfall, Classic Life Cycle, Manajemen Servis

Abstract

Bus Rapid Trans Semarang sebagai armada transportasi umum milik pemerintah Kota Semarang yang dituntut cepat dan tepat dalam melayani customer. Pencatatan jadwal servis yang dilakukan secara manual dapat terjadi beberapa kesalahan dan hambatan. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat mengimplementasikan aplikasi informasi manajemen servis rutin, pergantian oli mesin dan penggantian oli garden dengan berbasis web berbantuan notifikasi Telegram. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan system model air terjun (waterfall) yang serig dinamakan siklus hidup klasik (classic life cycle). Dalam penelitian menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan  data sekunder. Untuk mendapakan data primer, dilakuan melalui wawancara. Sementara untuk mendapatkan data sekunder, didapatkan data yang diperoleh dari internet, buku, dan artikel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa system yang dibangun dapa memudahkan admin dalam melakukan pencatatan transaksi dan memudahkan mekanik dalam melakukan konfirmasi servis dengan cepat karna system yang dibuat bersifat sebagai alat bantu dalam pencatatan transaksi dan notifikasi untuk mekanik meskipun dalam implementasinya user harus menyediakan hosting dan domain dengan biaya sewa setiap tahun

 

Author Biography

Hari Murti

 

 

Published
2023-07-31