Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Berbasis Web pada CV. Perum Jasa Tirta II

Ishak Husin, Zaenal Mutaqin Subekti, Ratna Rahmawati Rahayu, Daka Nanda Nurjannah

Abstract

Pandemi covid 19 menyebabkan beberapa perusahaan menjadi turun pendapatan nya, seperti pada Perum Jasa Tirta II menjadi kehilangan beberapa pelanggan sebagai dampak akibat dari Covid-19 yang mulai melanda indonesia pada bulan maret tahun 2020, ditambah dengan Belum adanya sistem informasi yang saling terintegrasi antara divisi Usaha dan divisi keuangan dengan pelanggan, ini menjadi solusi sebagai salah satu upaya pelayanan prima kepada pelanggan dalam proses bisnis di Perum Jasa Tirta II. rancang bangun sistem informasi pelayanan pelanggan berbasis web agar dapat mempermudah pelayanan pelanggan pada Perum Jasa Tirta II. Adanya sistem informasi pelayanan pelanggan berbasis web dimaksudkan agar dapat diakses tanpa batas waktu dan tempat tertentu. Penelitian ini menggunakan framework Codeigniter dan database mysql dengan menggunakan tahapan penelitian analisa kebutuhan, desain, implementasi dan pengujian. Dalam pengujian menggunakan pendekatan blackbox yang menghasilkan dari testing halaman registrasi, halaman login dan beberapa menu pada sistem informasi pelayanan pelanggan perum jasa tirta II dapat berjalan dengan baik.

Keywords

Sistem informasi; Pelayanan; Pelanggan

Full Text:

PDF

References

M. Arifin and N. Ivo Jayanti, “Sistem Informasi Layanan Pelanggan Berbasis Web Di Pdam Kabupaten Grobogan,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 171–180, 2019, doi: 10.24176/sitech.v1i2.2657.

M. Amrizal, “1. pendahuluan.”

Z. M. Subekti, M. D. Suryadi, and R. Ardiansyah, “Aplikasi Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Web di Kelurahan Mangun Jaya,” vol. 20, no. 68, pp. 139–147, 2021.

Z. Akbar and H. Mulyono, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Pelanggan pada PDAM Tirta Mayang Kota Jambi,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 494–512, 2017.

Z. M. Subekti, “Implementasi Keamanan Akses Sharing Folder pada Windows 10,” vol. 11, no. 1, 2021.

SUBEKTI, Zaenal Mutaqin; SUBANDRI, Subandri. IMPLEMENTASI METODE PER CONNECTION QUEUE DENGAN ACCESS USER DIRECT MAC FILTERING PADA JARINGAN WIRELESS. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 240-249, nov. 2020. ISSN 2527-9866. Available at: . doi:https://doi.org/10.35314/isi.v5i2.1472..

A. I. Ramdhani, Z. M. Subekti, I. Husein, and E. Imrohatun, “Aplikasi Jasa Service AC ( Air Conditioner ) Pada CV Teknik Makmur,” vol. 20, pp. 148–155, 2021.

Mutaqin Subekti, Z., Mukiman, K. ., Fikri Adluwal Fadhil, A. ., & Asyrofi, M. . (2021). Penerapan Limit Akses Browsing Internet pada saat Jam Kerja di PT XYZ. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(1), 31-38. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jtt/article/view/342

H. Haryono, Z. Subekti, W. Widiyawati, and H. Hidayatullah, “RANCANG BANGUN SISTEM UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA COSINE SIMILARITY BERBASIS WEB”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 9, no. 2, pp. 163-168, Oct. 2021..

A. Hafiz et al., “Rancang Bangun Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Dua Dimensi Untuk Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak,” J. Inf. dan Komput., vol. 9, no. 1, pp. 94–100, 2021, doi: 10.35959/jik.v9i1.200.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.