Penerapan Augmented Reality berbasis Android sebagai Media Promosi di Toko Furniture Jery Meubel

Rita Wahyuni Arifin, Shilka Dina Anwariya

Abstract

Perkembangan teknologi pada seluruh bidang sangat pesat, bahkan saat ini kita dihadapkan pada fenomena Revolusi Industri 4.0, yaitu pemanfaatan teknologi informasi yang . Dampak dari fenomena Revolusi Industri 4.0 dirasakan oleh berbagai sektor bidang tanpa terkecuali Toko Meubel Jerry Bogor. Kendala yang dialami oleh Toko Meubel adalah kegiatan promosi produk furniture dengan cara memberikan katalog, brosur dan majalah yang menampilkan gambar produk dalam bentuk dua dimensi dengan alasan ekonomis, mengakibatkan konsumen menjadi tidak puas dan tidak bisa melihat kondisi produk secara keseluruhan serta mengharuskan konsumen datang ke toko jika ingin membeli produk. Untuk dapat beradaptasi dan bertahan dalam menghadapi fenomena Revolusi Industri 4.0 maka Toko Meubel Jerry mencoba untuk menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai sarana pemasaran yang lebih interaktif, inovatif dan komunikatif, hal ini sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh Toko Meubel Jery. Metode pengembangan yang digunakan adalah Metode Multimedia Development Life Cycle model Luther, tahapan dalam model ini terdiri dari concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Dalam penelitian ini penulis membuat aplikasi media promosi dengan teknologi Augmented Reality dan buku marker untuk menampilkan produk secara tiga dimensi sehingga konsumen puas karena dapat melihat produk secara keseluruhan.

Keywords

Augmented Reality, Android, Promosi, Furniture

Full Text:

PDF

References

R. C. Tijono, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, “Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Sarana Promosi Produk Sarana Sejahtera Wilson’s Of- fice Chairs Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 4, p. 493, 2015, doi: 10.14710/jtsiskom.3.4.2015.493-502.

U. Rio, S. Erlinda, and D. Haryono, “Implementasi Model Mobile Augmented Reality e-Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan metode 3D Object Tracking,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 1, no. 2, p. 177, 2016, doi: 10.35314/isi.v1i2.137.

H. Kusniyati, R. Yusuf, and M. A. Widyartanto, “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Pengenalan Hardware,” J. Pengkaj. dan Penerapan Tek. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 1–90, 2017.

D. A. Sujati, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, “Pengembangan Aplikasi Multimedia untuk Pembelajaran Satelit Astronomi NASA dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 2, p. 249, 2016, doi: 10.14710/jtsiskom.4.2.2016.249-258.

Y. Nugroho, “N, Yogi Rancang Bangun Aplikasi Pemasaran Elektronik Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Waterfall,” J. Bina Komput., vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2020, doi: 10.33557/binakomputer.v2i1.761.

M. Fadli, “Penerapan Markerless Augmented Reality Untuk Pengenalan Alfabetik Beserta Objek Pada Anak Berbasis Android,” vol. 4, no. 1, 2019, [Online]. Available: https://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/3510.

B. Ariftama, “PELATIHAN PEMBUATAN MODEL 3D ALAT PERAGA EDUKASI HIDROLOGI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK GURU,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 4, no. 2, p. 6, 2020.

M. Tajuddin, Sistem Informasi Perguruan Tinggi Untuk Mencapai Good University Governance (Sebuah Pendekatan Teoritis dan Penerapan). Deepublish, 2017.

I. H. Santi, Analisa perancangan sistem. PT. Nasya Expanding Management, 2020.

V. T. Mudiyanto Setiawan, Arie S.M Lumenta, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar,” E-journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 4, pp. 36–46, 2016.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.