Pengembangan E-Commerce Menggunakan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Amira Bucket

Samsinar Samsinar, Nada Permatasari

Abstract

Covid-19 telah mengubah tren ekonomi global. E-Commerce telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan menjadi semakin intens karena pandemi Covid-19. Toko Amira Bucket adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam buket, Seiring berkembangnya waktu pemilik toko ingin meningkatkan penjualannya tapi terbatas pada media yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan buket dan melayani para pelanggannya. Media sosial yang saat ini dimanfaatkan untuk mempromosikan buket sekaligus melayani para pelanggan yang memesan secara daring kurang efektif karena sering terjadinya penumpukan chat dari para pelanggan yang hanya ingin bertanya mengenai produk ataupun para pelanggan yang mengirimkan bukti pembayaran kepada pemilik sehingga pemilik toko sering kesulitan dalam mencari bukti pembayaran dari para pelanggannya. Oleh karana itu dibutuhkan sebuah sistem e-commerce sebagai solusi atas permasalahan yang ada, dan dengan menerapkan Business Model Canvas untuk menganalisis model bisnis Toko Amira Bucket sehingga dapat menghasilkan kinerja yang lebih maksimal. Dengan adanya sistem e-commerce pada Toko Amira Bucket ini dapat menjadi sarana untuk memasarkan produk yang ditawarkan menjadi lebih luas dengan menggunakan fitur Search Engine Optimizitation.

Keywords

Buket, Penjualan Online, Pemasaran, SEO, BMC

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.