Efektifitas dan Efisiensi Pemanfaatan Virtual Coordinator Training (VCT) Untuk Pembelajaran Yang Akan Datang

Elsa Mahardika, Yulvianah Yulvianah

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan sektor pendidikan mengambil kebijakan penyelenggaraan Belajar dari Rumah (BDR) dalam upaya mencegah meluasnya penularan COVID-19. Metode blended learning yang dipadukan dengan Integrated curriculum paling baik digunakan pada masa transisi menuju keadaaan normal. Beragamnya kondisi sosial ekonomi, akses teknologi, serta kondisi wilayah sebaran Covid-19 menyebabkan pelaksanaan BDR serta capaian belajar siswa bervariasi. Pihak sekolah harus memfasilitasi guru agar memiliki kemampuan literasi baru guna membentuk keterampilan dan sikap individu abad 21 peserta didiknya. Virtual Coordinator Training merupakan pelatihan yang dikembangkan di Asia Tenggara, untuk memudahkan komunikasi antar pendidik dengan siswa atau siapapun, yang telah dilaksanakan jauh sebelum pandemi berlangsung di Indonesia. Peneltian ini bertujuan mengkaji efektifitas dan efisiensi pemanfaatan Virtual Coordinator Training (VCT) untuk pembelajaran yang akan datang. Penelitian dilakukan di institusi pendidikan SMA, SMK dan SMP di Indonesia, khususnya Jawa barat, baik alumni maupun bukan alumni pelatihan Virtual Coordinator Training menggunakan metode penelitian survey deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik survey online dan wawancara kepada 4181 responden yang terdiri dari stakeholder, guru, siswa, orangtua, dan masyarakat, yang melakukan pembelajaran jarak jauh. Data pemanfaatan Virtual Coordinator Training (VCT), keterampilan berbahasa asing untuk pelaku pendidikan, pendidikan entrepreneur, konsep merdeka belajar, pemanfaatan IT, sarana dan prasarana, sinergi dengan institusi negara Asia Tenggara, sistem kurikulum, skill tambahan, dan pola pembelajaran yang akan datang, diambil melalui survey online dan wawancara, menggunakan 45 pertanyaan, selama 3 bulan. Terdapat korelasi yang sangat erat antara pemanfaatan Virtual Coordinator Training dengan digitalisasi pendidikan untuk pembelajaran yang akan datang, agar pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

 

Copyright © 2019 LPPM - STMIK IKMI Cirebon

This is an open access article under the CC-BY license

 

Keywords

Virtual Coordinator Training, Blended Learning, Hybrid Learning

Full Text:

PDF

References

P. R. Indonesia, “KEPPRES NO 12 TH 2O2O Tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 Sebagai Bencana Nasional,” Fundam. Nurs., no. 01, p. 18=30, 2020.

H. Prasetyo and W. Sutopo, “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset,” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 13, no. 1, p. 17, 2018, doi: 10.14710/jati.13.1.17-26.

T. H. Phan, “Blended Learning With an Integrated Model in Learning and Teaching,” Proc. 17th Int. Conf. Asia Assoc. Comput. Lang. Learn. (AsiaCALL 2021), vol. 533, no. AsiaCALL, pp. 11–18, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.210226.002.

M. A. N. Ghiffar, E. Nurisma, C. Kurniasih, and C. P. Bhakti, “Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 85–94, 2018.

D. E. O’Leary, “Gartner’s hype cycle and information system research issues,” Int. J. Account. Inf. Syst., vol. 9, no. 4, pp. 240–252, 2008, doi: 10.1016/j.accinf.2008.09.001.

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, and Amat Nyoto, “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan,” J. Pendidik., vol. 1, pp. 263–278, 2016.

S. Handayani, “Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong Asean,” Ikat. Sarj. Pendidik. Indones. Jawa Teng., vol. 3, no. 1, pp. 102–106, 2016.

H. Ismanto, V. A. Rahmi, and N. B. Setiawan, “Socio Eduprenenur Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia,” J. Ris. Entrep., vol. 3, no. 2, p. 23, 2020, doi: 10.30587/jre.v3i2.1560.

S. A. Qutsiah, M. K. Sophan, and Y. F. Hendrawan, “Aplikasi Pembelajaran Matematika Dasar Bangun Datar Menggunakan Python Pada Perangkat Bergerak,” SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 3, pp. 13–22, 2016.

A. K. Tekin, “How To Achieve Quality Early Childhood Education for All: Goal 4 of the United Nations Sustainable Development,” J. Sustain. Dev. Educ. Res., vol. 3, no. 1, p. 71, 2019, doi: 10.17509/jsder.v3i1.17173.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.