Pengembangan Pembelajaran Online Menggunakan Metode Contextual Learning Berbasis Film Animasi di Masa Pandemi

Dita Rizki Amalia, Riri Narasati, Raditya Danar Dana

Abstract

Belajar adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, dari tidak bisa menjadi bisa. Belajar juga biasanya melibatkan antara dua individu yaitu pendidik dan peserta didik.Melalui pengalaman belajar yang telah dipersiapkan oleh pendidik di dalam nya ada proses melihat, mendengar,mengamati, dan memahami segala sesuatu yang ada di sekitar peserta didik.Dalam proses pembelajaran mata kuliah Desain Web (User Experience) dimana dalam prakteknya pendidik mengaitkan antara materi dengan situasi di lapangan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Leraning membutuhkan media pembelajaran untuk dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik. Media yang digunakan adalah media film berbasis animasi dimana mahasiswa mendapat gambaran tentang bagaimana riset dari User Experience dilakukan. Hasilnya setelah dilakukan pengujian secara statistik  ditemukan bahwa data berdistribusi normal walapun hasil uji t menunjukkan H0  diterima yang berarti peningkatan nilai mahasiswa secara kognitif tidak ada perbedaan pada nilai pretest dan postest yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya proses belajar yang dilakukan tidak secara langsung diakibatkan pandemi sehingga tugas pun tidak dikerjakan maksimal.

Keywords

Belajar, Pembelajaran, Contextual Teaching Learning, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Shokibhul Arifin. PERKEMBANGAN KOGNITIF MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI DAN ISLAM. Bandung: Pustaka Setia. 2012

Muhammad Hakiki, Menrisal,Popi Radyuli .Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi .Vol 4, No 2 (2017): Jurnal PTI UPI-YPTK.2017

Falahudin Iwan. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 No. 4, Oktober – Desember 2014, p.104-117.

Rifa’i, Achmad & Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS

Sudjana, Nana. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratama Ade. Model Simulasi Antrian Dengan Metode Kolmogorov-Smirnov Normal Pada Unit Pelayanan.2017,p.29.

Mar’atul Afidah & Sri Helmi Yurnita. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Dipadukan Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis.2018,p.96.

Arief S.Sadiman, dan kawan-kawan, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003. hal 6

Dea Handini, Diah Gusrayani, Regina Lichteria Panjaitan .Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Materi Gaya .Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)-PGSD UPI.2016

Hanafy. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan UIN Alauddin Makassar.2014.

Kasmawati, Nur Khalisah Latuconsina, Andi Ika Prasati Abrar. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 5 No. 2, September 2017 (ISSN 2355-5785).2017

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.2014.

M. Iqbal Jamaluddin S, I Gusti Putu Asto B. Pengaruh Model PembelajaranCTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam - Macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika . Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Unesa (Vol 4, No 1 (2015).2015

Muhammad Hakiki, Menrisal,Popi Radyuli .Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi .Vol 4, No 2 (2017): Jurnal PTI UPI-YPTK.2017

Rahmawati Tutut.Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA.Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha (P-ISSN: 1858-4543 E-ISSN: 2615-6091) 2018

Rukmini Elisabeth .Deskripsi Singkat Revisi Taksonomi Bloom No 2 (2008): Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Oktober 2008.2008

Samriani. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN No 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 2 ISSN 2354-614X .2016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.