Evaluasi Kinerja Sistem Aplikasi E-commerce Shopee menggunakan Metode PIECES Framework

Heru Dwi Permana, Anindya Ananda Hapsari, Dian Nugraha, Ariep Jaenul

Abstract

Saat ini persaingan platform E-commerce semakin ketat sejak mewabahnya pandemic covid-19, maka tidak sedikit perusahaan E-commerce dihadapkan dengan berbagai peluang dan ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri. Penggunaan Aplikasi Shopee sebagai objek penelitian dikarenakan Shopee paling banyak diakses oleh kalangan anak muda dimana pada tahun 2021, menurut penulis Aplikasi Shoppe akan mengalami sebuah kendala jika dipakai secara bersamaan disaat mengadakan kampanye big sale. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan Evaluasi Kinerja Sistem dengan menggunakan metode PIECES framework yang meliputi 6 dimensi variabel performance, information, economics, control and security, efficiency, dan service terhadap Aplikasi E-commerce Shopee, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat Kinerja Sistem Aplikasi dari sisi kelemahan, kekuatan dan menganalisis komponen apa saja yang perlu ditingkatkan Kinerjanya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif karena adanya variabel-variabel yang telah di telaah hubungannya, serta bertujuan untuk menggabarkan dan meringkas dari berbagai situasi dan kondisi mengenai fakta - fakta tertentu antara keterkaitan variable yang diteliti. Adapun data primer yang didapatkan berdasarkan dari jumlah responden sebesar 78 Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Kampus Jakarta Global University. Variabel Indpenden (X) dalam penelitian ini adalah Evaluasi Kinerja Sistem sedangkan Variabel dependent (Y) dalam penelitian ini adalah Aplikasi E-commerce Shopee. Maka Dengan metode PIECES Framework akan mengefesiensikan Kinerja Sistem untuk menjadi acuan dimensi manakah yang harus diperbaiki kedepannya agar kinerja system Aplikasi E-commerce Shopee menjadi lebih optimal

Keywords

Kinerja Sistem, Aplikasi Shoppe, Metode PIECES Framework

Full Text:

PDF

References

Journal BKD PTA tahun 2020-2021, Pengaruh pandemic covid-19 di shopee.

Sumber : dailysocial.id 2015 tentang Aplikasi e-commerce Shopee.

Mulyani, Sri. 2016. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit: Analisis dan Perancangan. Bandung: Abdi Sistematika.

A. Fatoni, K. Adi, and A. P. Widodo, “PIECES Framework and Importance Performance Analysis Method to Evaluate the Implementation of Information Systems,” vol. 15007, pp. 0–10,2020.

A. Supriyatna, “Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework,” Pilar Nusa Mandiri, vol. XI, no. 1, pp. 43–52, 2015.

Sumber : Menurut Sugiyono 2018:135 Tabel skala likert.

RD Kristy, dkk / Teknika : Engineering and Sains Journal, Vol. 2, No.1, Juni 2018, 17-24.

Sumber : Menurut Sugiyono 2017:455 Tentang Teknik Pengumpulan Data.

Sumber : Menurut Sugiyono pada tahun 2019:126 Tentang Populasi.

Sumber : Menurut Sugiyono pada tahun 2017:81 Tentang Sampel.

Journal UGM Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 13, No. 1, Juni 2017, Hal. 79-86.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.