Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik SMK YASBU Al-Qomariah Tasikmalaya mengunakan metode TOPSIS

Aso Sudiarjo, Missi Hikmatyar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mrancang sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik SMK YASBU Al-Qomariah. Penghargaan yang diberikan oleh organisasi kepada karyawan terbaiknya dapat mendorong setiap karyawan untuk selalu memberikan kinerja yang terbaik bagi organisasi dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya di organisasi. Pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan terbaik dapat dilakukan organisasi dengan cara menilai kinerja yang telah dilakukan oleh karyawannya dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, seiring perkembangan teknologi informasi maka Sistem Pendukung Keputusan terhadap pemilihan karyyawan terbaik perlu dibangun dengan menggunakan metode TOPSIS (Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution). Konsep dasar Metode TOPSIS adalah alternatif yang terpilih merupakan alternatif terbaik yang memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif dan jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Ada enam kriteria yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan yaitu: Kuantitas Pekerjaan, Kualitas Pekerjaan, Pengetahuan akan pekerjaan, tingkat kreativitas, tinggkat Kerjasama.. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC). Hasil penelitian yang dilakukan yaitu perototipe  sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik. Sistem pendukung keputusan yang dikembangkan berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pangkalan data.

Keywords

Sistem Pendukung Keputusan;TOPSIS; SDLC

Full Text:

PDF

References

M. Hasyim, “Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran,†Auladuna J. Pendidik. Dasar Islam, 2014.

E. Mulyasa, “uji kompetensi dan penilaian kinerja guru,†in uji kompetensi dan penilaian kinerja guru, 2013.

Undang-Undang RI no 14, “UU no 14 tahun 2005,†Tentang Guru dan Dosen, 2005.

A. P. Windarto, “IMPLEMENTASI METODE TOPSIS DAN SAW DALAM MEMBERIKAN REWARD PELANGGAN,†KLIK - Kumpul. J. ILMU Komput., 2017.

R. Gregorius dan Ernawati, “Analisis penggabungan metode SAW dan metode topsis untuk mendukung keputusan seleksi penerimaan dosen,†semnasIF2013, 2013.

H. T. Sihotang dan M. Siboro, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Bermasalah Menggunakan Metode Saw Pada Sekolah SMP Swasta Mulia Pratama Medan,†J. Informatics Pelita Nusant., vol. 1, no. 1, hal. 1–6, 2016.

R. Bherta dan S. T. Faulina, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Smp N 38 Oku,†IEEE Int. Conf. Acoust. Speech, Signal Process. 2017, 2017.

Yudi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perumahan Methode AHP Dan GIS Statis Kota Medan Sebagai Salah Satu Kriteria Pemilihan,†Eksplora Inform., 2015.

Y. Yuniarsyah, E. Usada, dan A. Amalina, “Rancang Bangun Keanggotaan Perpustakaan STT Telematika Telkom Menggunakan RFID Berbasis Java 2 Standard Edition Dengan Konsep Client Server,†J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., 2013.

H. Hertyana, “Seleksi Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Topsis,†Jitk, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.